UCAPAN

SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG " GBI DEBEGAN " TUHAN YESUS MEMBERKATI ANDA.

Senin, 10 September 2012

Pesan Tuhan dari kisah Nabi Yunus


Minggu  pagi 9 September 2012

1. Jangan jauh dari TUHAN
(Yunus 1:1-3)
         1:1 Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai, demikian:
         1:2 "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku."
         1:3 Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN.

Penyebab jauh dari TUHAN
  1. Yunus merasa berdosa, karena disuruh Tuhan tapi tidak melakukan. Disuruh pergi ke Niniwe, tapi dia tidak lakukan. ketika Yunus merasa bersalah, dia tidak bisa ketemu Tuhan. Biarlah kita bereskan dosa itu di hadapan Tuhan dan mengalami pemulihan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
  2. Yunus kecewa. Yunus merasa Niniwe itu kan musuhnya Israel, isinya orang jahat semua, kenapa disuruh pergi ke sana? Kenapa bukan ke tempat lain? Dia kecewa. Biarlah kita semua mengasihi satu sama lain, jangan ada yang kecewa.
  3. Daya tarik dunia. Tarsis rupanya dulu adalah kota perdagangan, berbicara akan dunia,  cinta akan uang. Yunus ke Tarsis menuju kepada dunia. Yunus lebih tertarik kepada daya tarik dunia, jauh daripada Tuhan.

2. Jangan menghakimi (Matius 7:1-5)
         7:1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.
         7:2 Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.
         7:3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?
         7:4 Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.
         7:5 Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

         Selumbar adalah serpihan kayu. Begitu kecil , kita lebih mudah melihat kekurangan orang, biarpun kecil sekali.
         Dan waktu Yunus dengar kabar bahwa orang-orang Niniwe bertobat, diselamatkan Tuhan, Yunus marah dan protes kepada Tuhan. Yunus tidak mengira bahwa Tuhan memberikan keselamatan bagi orang-orang Niniwe, dia protes sama Tuhan. Kalau kita jujur pagi ini, saya juga jujur di hadapan Tuhan, kalau ada orang yang merugikan kita, mengecewakan kita, orang yang membuat marah kita, menusuk kita dari belakang, tetapi lalu Tuhan berkati, kita marah atau tidak?

3. Beritakan kabar baik!
         Yunus diutus ke Ninewe agar penduduk Ninewe bertobat ( Yunus 1:2)
         Tuhan mencari siapa yang mau diutus untuk memberitakan kabar baik  (Yesaya 6:8)
         Pergi dan memberitakan injil adalah perintah Tuhan Yesus ( Mat  28:19-20)
         Memberitakan kabar baik adalah “indah “ dimata Tuhan (Roma 10:15)


Sumber : Pdt. Debora Enny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar