UCAPAN

SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG " GBI DEBEGAN " TUHAN YESUS MEMBERKATI ANDA.

Sabtu, 18 September 2010

PUASA DALAM AGAMA KRISTEN

Lisa Fransisca 17 September jam 23:43 Balas
Saudaraku terkasih,
Mungkin akan timbul pertanyaan "Apakah Tuhan Yesus mengajarkan agar kita berpuasa?"

Ya, Tuhan Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Tuhan Yesus berkata: "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." (Mat 6:16-18).

Kata APABILA artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita pasti akan berpuasa.

Lalu apa tujuannya kita berpuasa?
* Untuk merendahkan diri di hadapan Allah, dan mengungkapkan rasa cinta kasih kita kepada Tuhan Yesus yang telah berkorban untuk kita dengan kematianNya di kayu salib.
* Mendisiplinkan tubuh kita dari keinginan duniawi, salah satu cara untuk menyangkal diri.
* Menambah rasa perduli dan simpati terhadap sesama, karena kita bisa merasakan bagaimana rasa lapar dan dahaga.

* Untuk memohon jawaban Tuhan Yesus terhadap permasalahan kita yang tengah dihadapi.
* Untuk mengusir jenis setan tertentu atau kuasa roh jahat yang hanya bisa diusir dengan doa puasa. (Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa. Matius 17:21).
* Tuhan memberikan kekuatan untuk bersekutu secara intim dengan Tuhan, sehingga tidak merasa lapar dan haus, seperti keadaan di sorga.
* Untuk meminta belas kasihan dari Tuhan, agar Tuhan bertindak dalam masalah kehidupan kita, untuk meminta kekuatan Allah dalam pelayanan.



Saudaraku terkasih,
Waktu berpuasa juga tergantung dari niat berpuasa yang timbul dari masing-masing pribadi. Bisa jangka waktunya: 8 jam, 1 hari, 1 hari 1 malam, 3 hari, 7 hari, 40 hari, dst. Sedangkan jenis puasanya: hanya makan sayur, tidak makan, tidak makan dan tidak minum, atau puasa kebiasaan jelek seperti ; tidak merokok, tidak berjudi, dll.

Selama berpuasa perbanyaklah jam doa, pujian penyembahan dan baca Alkitab supaya puasa menjadi lebih efektif.

Saudaraku terkasih,
Puasa perlu dibatasi waktunya, khususnya puasa makanan. Tidak makan dalam jangka waktu yang panjang dapat merusak tubuh. Puasa bukan untuk menghukum tubuh Anda, tapi untuk memusatkan perhatian pada Tuhan. Puasa tidak boleh dianggap sebagai salah satu “metode diet.”

Jangan berpuasa untuk menghilangkan berat badan, tapi untuk memperoleh persekutuan yang lebih dalam dengan Allah. Benar, siapa saja bisa berpuasa. Ada orang-orang yang tidak bisa puasa makan (penderita diabetes misalnya), tapi setiap orang dapat untuk sementara meninggalkan sesuatu demi untuk memfokuskan diri pada Tuhan.

Dengan mengalihkan mata dari hal-hal dunia ini, kita dapat memusatkan diri pada Kristus Yesus dengan lebih baik. Puasa bukanlah cara untuk membuat Tuhan melakukan apa yang kita inginkan. Puasa mengubah kita, bukan Tuhan. Puasa bukanlah cara untuk kelihatan lebih rohani dibanding orang lain. Puasa harus dilakukan dalam kerendahan hati dan dengan penuh sukacita.

Apakah bedanya puasa dalam Perjanjian Lama (PL) dan Perjanjian Baru (PB) ?

Puasa dalam PL yang dilakukan secara rutin oleh bangsa Israel adalah untuk menantikan kedatangan Mesias, Penyelamat bangsa Israel yang dijanjikan dalam kitab Taurat dan kitab para nabi. Sedangkan dalam PB, Mesias telah datang dan berkarya. Artinya Keselamatan sudah datang, dan kita berpuasa untuk menjaga keselamatan yang sudah kita miliki.

Lalu puasa apa saya yang tercatat dalam PL?

* Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Keluaran 34:28 => Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.)

* Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Samuel 12:16 => Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.)

* Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raja-raja 19:8 => Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.)

* Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Ester 4:16 => Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.)

* Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (Ayub 2:13 => Lalu mereka duduk bersama-sama dia di tanah selama tujuh hari tujuh malam. Seorangpun tidak mengucapkan sepatah kata kepadanya, karena mereka melihat, bahwa sangat berat penderitaannya.)

* Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Daniel 1:12 => Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum;), doa dan puasa (Daniel 9:3 => Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu.), berkabung selama 21 hari (Daniel 10:2 => Pada waktu itu aku, Daniel, berkabung tiga minggu penuh:)

* Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17 => Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya.)

* Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7 => Lalu atas perintah raja dan para pembesarnya orang memaklumkan dan mengatakan di Niniwe demikian: "Manusia dan ternak, lembu sapi dan kambing domba tidak boleh makan apa-apa, tidak boleh makan rumput dan tidak boleh minum air.)

Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?

* Puasa Tuhan Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Matius 4:2 => Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.)

* Puasa Yohanes Pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Matius 11:18 => Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan.)

* Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kisah Para Rasul 9:9 => Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.)

* Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kisah Para Rasul 13:2-3 => Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka." Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.)

Selamat berpuasa...:)

LORD JESUS bless you and me, now and forever.
AMEN.

Sumber: Diolah dari beberapa sumber oleh Ibu Lisa Fransisca

1 komentar:

  1. terima kasih sudah membagikan artikel ini
    saya merasa sangat terbantu dengan kehadiran artikel sobat :D

    BalasHapus