UCAPAN

SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG " GBI DEBEGAN " TUHAN YESUS MEMBERKATI ANDA.

Selasa, 24 Agustus 2010

Satu Jiwa Mempengaruhi Banyak Jiwa


Bacaan Firman TUHAN: Yohanes 4:1-42

Ketika Yesus memasuki Samaria, Dia memutuskan untuk pergi ke sebuah sumur sedang murid-muridNya pergi ke kota membeli makanan. Ketika Yesus berada di sumur, seorang perempuan datang dan bercakap-cakap dengan Yesus. Perempuan Samaria ini kagum kepada Yesus karena mau bercakap-cakap dengannya padahal hubungan antara Yahudi dengan Samaria kurang baik. Apalagi wanita Samaria ini memiliki reputasi yang jelek; mempunyai lima suami dan sekarang yang tinggal dengan dia bukan suaminya.

Yesus meluangkan waktunya khusus untuk melayani seorang perempuan. Ketika murid-muridNya kembali mereka terkejut, kenapa Yesus harus nemberikan perhatian khusus kepada perempuan berdosa ini. Tuhan tidak pernah salah. Yesus mempunyai rencana untuk memenangkan satu jiwa. Murid-muridNya memberikan makanan tetapi Yesus berkata "Padaku ada makanan yang tidak kamu kenal... makananKu adalah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya" (ayat 32-34). Kehendak Bapa adalah supaya kita pergi, mungkin hanya untuk satu orang saja, mungkin orang itu ditolak banyak orang, mungkin orang itu jatuh dalam dosa yang sangat dalam.

Ayat 35, "...penabur dan penuai sama-sama bersukacita". Tuhan menunjuk kepada satu kebangunan rohani yang sedang terjadi di Samaria. Sebab perempuan Samaria itu pergi ke kota dan menceritakan tentang Yesus kepada banyak orang dan mengajaknya untuk datang melihat Mesias. Lalu murid-murid Yesus menerima orang-orang Samaria yang berbondong-bondong datang itu.

Dunia sekarang penuh dengan kejahatan, korupsi, kegelapan, dlsb. Sering kita meminta kepada Tuhan agar secepatnya dibawa pulang ke sorga dan bersama-sama dengan Tuhan. Tetapi Tuhan menginginkan kita untuk membawa jiwa kepada Yesus. Bd. 2 Petrus 3:9. Tuhan menghendaki sebanyak mungkin orang selamat.

Kata-kata akhir dari seorang sangat diperhatikan dengan baik karena berisi penting. Kata-kata terakhir dari Yesus sebelum pulang ke Surga adalah "Pergilah ke seluruh dunia beritakanlah Injil kepada segala mahluk". Markus 16:15-19. "Kamu akan menjadi saksiku di Yudea, Samaria dan sampai ke ujung dunia. KPR 1:8. Murid-muridNya pergi ke Yerusalem, Yudea dan Samaria tetapi mereka belum sampai waktu itu ke Indonesia, belum sampai ke ujung bumi. Karena itu Tuhan tempatkan Anda di sini di Medan untuk memberitakan Injil kepada saudara yang lain.

Banyak orang tidak mengerti akan tuaian yang sangat besar. Sebagian orang-orang Kristen hanya senang di gereja saja. Dan tidak mempunyai satu pemahaman bahwa di luar sangat banyak tuaian. Penduduk dunia sekarang ini +- 6,5 milyar jiwa. Yang betul-betul percaya kepada Yesus mungkin hanya 1 milyar. Jadi bisa kita bayangkan betapa banyak tuaian yang ada di bumi ini. Karena itu kita semua harus melakukan bagian kita di dalam menuai tuaian yang sudah menguning ini.

Memenangkan satu jiwa itu penting. Satu jiwa yang diselamatkan dapat membuat segala-galanya berubah. Tuhan bertanya kepada Yesaya, "siapakah yang akan Kuutus?" Yesaya menjawab "Inilah aku Tuhan, utuslah aku". Tuhan ingin memberikan kuasaNya bagi gereja. KPR 1:8. Kuasa diberikan supaya menjadi saksi. Matius 10:7-8. Kuasa Allah dinyatakan ketika kita memberitakan Injil..Kita terima dengan cuma-cuma - berikan juga dengan cuma-cuma.

Empat cara/jalan melakukan Amanat Agung Yesus:

1. Pergi.

Beritakan Injil kepada orang lain yang belum menerima Injil.

2. Berdoa.

Kalau tidak dapat pergi, berdoalah untuk mereka yang memberitakan Injil, baik misionaris, pendeta, hamba-hamba Tuhan. Berdoalah supaya banyak pekerja pergi ke ladang Tuhan.

3. Memberi.

Jiwa Anda sudah diberkati Tuhan dan tidak sempat berdoa apalagi memberitakan Injil, maka Anda bisa mendukung pemberitaan Injil dalam dana.

4. Setia.

Jika anda tidak bisa melakukan ketiga point di atas maka setialah anda di gereja di mana anda beribadah. Jangan membuat masalah tetapi mendukung kemajuan pekerjaan Tuhan tersebut.

Oleh sebab itu lakukanlah bagian pekerjaan yang bisa kita kerjakan.

YESUS KRISTUS mengasihi Anda..

(Sumber: Pdt. DR. Jerry Stott - Sydney, Australia)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar